Gelar Kompetisi Safety Driving Pada Supir, Hino Motors: Kami Punya Tanggung Jawab Moral
12 September 2019
Gelar Kompetisi Safety Driving Pada Supir, Hino Motors: Kami Punya Tanggung Jawab Moral

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menanggapi pentingnya keselamatan jalan raya sembari memaksimalkan perjalanan bisnis konsumennya, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggelar kompetisi safety driving bagi sejumlah supir di Hotel Four Point by Sheraton, Medan.

Acara yang digelar 11-12 September 2019 ini merupakan bentuk tanggungjawab moral HMSI yang dikenal sebagai pabrikan truk-truk berkualitas.

Dalam pandangan Hino Motors, untuk mengemudikan angkutan umum berdimensi besar seperti truk tentu membutuhkan skill agar perjalanan lebih aman dan selamat sampai tujuan.

Oleh karena itu, Hino Motors menggelar Safety Driving Competition ke 24 kota di Indonesia.

"Kami terus akan memperhatikan keamanan dan keselamatan di jalan karena itu merupakan faktor utaman dalam kelancaran transportasi bisnis. Untuk itu kami harapkan para pengemudi mendapat bekal dan pengalaman yang berharga dan menularkannya pada teman teman supir lainnya," ujar Santiko Wardoyo, Direktur PT Hino Motors Sales Indonesia.

Kompetisi Safety Driving ini merupakan kerjasama antara PT Indomobil Prima Niaga dan PT Trans Indo Utama (TIU), yang semula menghadirkan 128 supir untuk mengikuti kompetisi Keselamatan berkendara.

Mereka diharuskan mengikuti ujian tertulis, daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving hingga rambu-rambu lalulintas.

Dari 128 supir maupun pengemudi yang mengikuti kompetisi, Hino Motors kemudian telah memilih 20 terbaik. Dengan kriteria, 10 terbaik pada kelas truk kecil (Dutro) dan truk menengah (Ranger).

Selain penghargaan, para pengemudi andal tersebut diharapkan mampu menebar virus pada sesama rekan seprofesinya.

Santiko Wardoyo menambahkan customer Hino berasal dari berbagai macam segmen bisnis di Sumatera Utara, seperti kelapa sawit, konstruksi dan logistik. Terlebih dengan pembangunan tol Trans Sumatera membuat segmen konstruksi cukup tinggi bagi pasar Hino beberapa waktu belakangan.

 

"Januari - Juli 2019 pasar Hino Motors mengalami peningkatan bahkan mampu menguasai Sumatera Utara dengan persentase mencapai 74,5 % untuk truk level sedang. Hasil ini merangkak naik dibanding periode yang sama pada tahun lalu 67,6%. Ekonomi Indonesia yang positif pascapemilu berpeluang meningkatkan permintaan ke depannya," ujar Santiko.

Hino Motors sangat berterima kasih dengan seluruh customernya, yang sangat percaya dan loyal terhadap produk produk Hino. Ini dapat dilihat dari perolehan market share penjualan Hino Motors yang tinggi di areal ini.

"Kami akan terus memberikan layanan total support baik kepada customer maupun edukasi edukasi kepada pengemudinya. Kita tak ingin fokus terhadap bisni. Namun juga bagaimana bertanggung jawab secara moral dari apa yang kami jual," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Edison Sagala Kabid Pengendalian Keselamatan Dishub Provinsi Sumatera Utara dan AKBP Endang Hermawan dari Direktorat Lalulintas Polda Sumut mengapresiasi langkah Hino dalam memberikan edukasi keselamatan berkendara pada pengemudinya.

Hal ini patut dicontoh produsen kenderaan berat lainnya.

"Kita sangat mengapresiasi program yang dilaksanakan Hino Motors mengedukasi pengemudi kenderaannya. Sebab, mengandalkan Polisi maupun Dishub sebagai regulator lalulintas tentu merupakan hal yang sia-sia jika tidak ada kesadaran dari pengemudi sendiri," ujar AKBP Endang Hermawan.

Ia menyampaikan sepanjang tahun 2018, 5990 kasus kecelakaan terjadi di wilayah hukum Polda Sumut. Korban jiwa yang ditimbulkan mencapai 1835 orang, dengan persentase korban terbanyak berasal dari roda dua, 80 persen.

"Kecelakaan lalulintas lebih banyak menimbulkan korban jiwa dibanding dengan perang modern ini," pungkas Endang, yang berharap program Kompetisi Safety Driving berlanjut setiap tahunnya.

(Via Tribun-Medan.com)

Berita Lainnya


back to top